Home » » 5 Tips untuk Menghindari Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

5 Tips untuk Menghindari Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Posted by Sehat Itu Indah on Rabu, 01 Juni 2016

Gejala Secara Umum Penyakit Kolesterol Tinggi
            Pada urat dan jaringan kulit terdapat penumpukan kolesterol yang ditandai dengan pembengkakan berbentuk bulat dengan warna kekuningan,  yang biasanya terdapat bercak-bercak kuning di bawah kelopak mata. Tetapi bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi karena faktor genetika penumpukan kolesterol ini  akan terlihat dan dirasakan pada urat di sekitar buku jari.
            Gejala yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi adalah daerah disekitar tengkuk akan terasa pegal-pegal. Nah, jika anda pernah atau sering mengalami ini segera periksakan ke dokter.



Berikut 5 Tips untuk Menghindari Kolesterol Tinggi dalam Tubuh
1.    Mengkonsumsi makanan berserat
Banyak mengkonsumsi makanan berserat bagus untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh. Karenanya pilihlah makanan yang banyak mengandung serat di dalamnya seperti sayuran hijau dan buah-buahan diantaranya brokoli, buncis, kembang kol, anggur, melon, pisang, apel dll.

2.    Banyak mengkonsumsi ikan
Banyak-banyaklah mengkonsumsi ikan seperti ikan tuna, ikan kod atau halibut yang baik untuk kesehatan dan menghindarkan kita dari kolesterol, selain itu ikan lainnya seperti makarel, salmon dan herring mengandung kadar asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

3.    Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat
Pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat seperti Almond, walnut, kedelai, kacang-kacangan lain, minyak zaitun dan minyak kanola. Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol karena dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hindari merokok karena dapat memicu terjadiya serangan jantung dan stroke.

4.    Olahraga secara teratur
Lakukan olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari, bisa dengan melakukan olahraga bersepeda, berjalan cepat atau mungkin olahraga lainnya sesuai dengan keinginan anda.

5.    Hindari makanan yang di goreng
Banyaklah mengkonsumsi makanan yang direbus, dibakar, atau dipanggang. Hindari makanan yang digoreng terlalu banyak. Kurangilah mengkonsumsi daging-dagingan yang berlemak dan juga makanan tidak sehat seperti junk food.
Sebaiknya makanlah makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah seperti apel, gandum, semangka, tomat, kacang-kacangan, plum, alpukat, ikan, sayuran hijau.
Ada beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat didalamnya seperti seafood, telur buyung puyuh, telur 

Thanks for reading & sharing Sehat Itu Indah

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar